Hasil Quick Count Pilkada 

Pengumuman Kabinet Jokowi Penuh Tanda Tanya

Kapan Presiden Joko Widodo akan mengumumkan struktur kabinetnya, hingga Kamis (23/10/2014) ini masih menjadi misteri. Tak ada yang tahu di mana dan kapan pastinya pengumuman penting itu akan dilakukan. Wapres Jusuf Kalla menyebut mungkin saja hari ini ada besok, tetapi itu juga tak pasti.

Bahkan, Rabu (22/10/2014) kemarin sempat terjadi kehebohan di Pelabuhan Tanjung Priok karena diduga menjadi tempat pengumuman. Sejak pagi kemarin Jokowi sudah memberikan tanda-tanda akan mengumumkan kabinetnya. Sejumlah persiapan dan pengamanan super ketat juga terlihat di Pelabuhan Tanjung Priok. Namun tak ada yang bisa memastikan apakah segala kehebohan itu untuk pengumuman struktur kabinet Jokowi-JK. Banyak momen yang misterius terjadi kemarin. Berikut 4 momen penuh tanda tanya kala Jokowi akan mengumumkan kabinetnya:

1. Sebut 3 Lokasi untuk Umumkan Kabinet

Presiden Joko Widodo mengatakan akan mengumumkan kabinet pemerintahannya Rabu (22/10/2014). Namun, Jokowi belum memastikan di mana lokasi yang tepat untuk mengumumkan kabinetnya. "Mungkin kalau tidak di Pluit, Tanah Abang atau mungkin juga di Tanjung Priok," ujar Jokowi kepada wartawan di Taman Suropati, Jakarta Pusat, Rabu (22/10/2014). Saat ditanya kembali oleh wartawan soal kemungkinan akan diumumkan di Tanah Abang, Jokowi tidak memberi jawaban pasti. "Saya bilang mungkin bisa di sana, mungkin bisa di Pluit, mungkin di Tanjung Priok," jawab Jokowi lagi.

2. Jumpa Pers di Bawah Pohon Ki Hujan

Siang hari, para wartawan Istana diminta berkumpul di halaman, tepatnya di bawah pohon trembesi Ki Hujan. Jokowi akan jumpa pers untuk pertama kalinya sejak dilantik jadi presiden. Spekulasi pun berhembus, ini bakal jadi momen pengumuman menteri. Namun ternyata, Jokowi bicara soal lain. Didampingi para petinggi TNI dan Kapolri, mantan Gubernur DKI itu menyampaikan soal isu pertahanan. Jokowi juga sempat ditanya soal menteri, namun hanya menjawab ada 8 nama yang tak diperbolehkan oleh KPK dan PPATK untuk menjadi menteri. Selain itu, tak ada lagi informasi yang baru dari Jokowi. Pengumuman mentri pun tetap jadi misteri.

3. Kehebohan di Pelabuhan Tanjung Priok

Pengamanan di sekitar pelabuhan, Rabu siang kemarin, khususnya di dermaga 300 atau dermaga kepanduan diperketat. Salah satu petugas peti kemas di Dermaga 300, Terminal 3, Pelabuhan Tanjung Priok mengatakan sejak pukul 12.00 WIB Rabu (22/10/2014), puluhan petugas kepolisian, TNI, dan Paspampres melakukan pengecekan keamanan laut di sekitar Terminal 3, Pelabuhan Tanjung Priok. Ia menjelaskan, panggung untuk Jokowi mengumumkan kabinetnya telah berada di dermaga sejak Selasa (21/10). Akibat pengetatan pengamanan itu, aktivitas di dermaga tersebut sempat dihentikan.

Panggung dengan lampu konser sudah didirikan. Lalu ada 33 life jacket dan helm dipajang di sebuah meja besar. Spekulasi soal pengumuman menteri pun semakin menjadi. Sorenya, wartawan Istana diberangkatkan ke Pelabuhan. Rumor muncul Jokowi akan menyusul sekitar pukul 19.00 WIB. Namun ternyata semua batal. Lampu konser yang sudah dinyalakan akhirnya mati. Life jacket dan helm pun dirapikan lagi. Tak ada pengumuman apa pun di Priok.

4. Misteri Terbukanya Pintu Istana dan Rumah Megawati

Kabar yang santer beredar, Presiden Joko Widodo akan menghadiri acara akbar di pelabuhan Tanjung Priok pukul 19.00 WIB. Namun hingga pukul 19.15 WIB belum ada tanda-tanda mobil kepresidenan meninggalkan Istana Merdeka. Pantauan detikcom Rabu (22/10/2014) di pintu gerbang Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, pintu gerbang sempat dibuka pukul 18.30 WIB. Pintu gerbang dibuka adalah tanda akan ada kendaraan yang keluar atau masuk. Namun hingga 20 menit, tak ada satu pun yang lewat. Akhirnya pintu tersebut kembali ditutup oleh anggota Paspampres. Pintu gerbang biasanya mulai dibuka ketika mobil RI-1 telah parkir di halaman Istana. Namun mobil itu hingga kini belum menampakkan diri. Sedangkan sejumlah personel Patwal baik yang menggunakan mobil maupun motor sudah siaga di Jalan Medan Merdeka Utara, siap mengawal Presiden Jokowi ke mana pun pergi.

Di saat yang berbeda, mantan Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto tampak tiba di rumah Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat. Ia datang bersama Danpaspamres Mayjen Andika Perkasa, yang bertanggung jawab atas keamanan Presiden Jokowi. Andika datang menggunakan jip protokoler hitam bernomor B 1896 RFY. Andika meninggalkan rumah Megawati sekitar pukul 19.00 WIB. Sedangkan Andi Widjajanto tetap tinggal. Apakah di antara rombongan itu terdapat Jokowi? - DETIK