Hasil Quick Count Pilkada 

Rekam Jejak Calon Ketua MPR RI Terpilih

Calon Ketua MPR Harus Dilihat Rekam Jejaknya - Anggota Indonesian Coruption Watch (ICW) Donal Fariz mengatakan kriteria ketua MPR versi ICW tidak pernah menjadi tersangka kasus korupsi.

Selain itu, calon ketua MPR tidak pernah diperiksa oleh lembaga penegak hukum dalam kasus korupsi atau diduga kuat terlibat dalam kasus korupsi yang sedang ditangani lembaga penegak hukum.

Terkait calon ketua MPR dari Demokrat Djoko Udjianto yang terindikasi kasus korupsi di Kementerian Pertanian tahun 2011-2012, Donal menegaskan Djoko sudah pasti tidak masuk kriteria karena Djoko yang notabene wakil ketua Banggar DPR tahun 2009-2014 terindikasi melakukan korupsi.

"Kalau dilihat ya tidak masuk kriteria tapi kan partai politik mana mau tahu soal rekam jejak seseorang," ujarnya, Jakarta, Senin (6/10/2014).

Dia pun menegaskan pihak tetap menolak pimpinan MPR yang bermasalah dengan hukum, terutama korupsi. "Pimpinan itu kan mewakili wajah lembaga yang dipilihnya kalau sampai orang yang memimpin itu terseret kasus korupsi ya kurang lebih begitu lah lembaga itu," ujarnya.

Berdasarkan data dari acch.kpk.go.id, sejak tahun 2006 dan saat jadi anggota DPR harta Djoko melonjak dari 10,67 miliar jadi Rp59 miliar di tahun 2009.

Sebagaimana diberitakan, Djoko Udjianto disebut sebagai calon ketua MPR selain Syarief Hasan dan Nurhayati Ali Assegaf.
Koordinator Pemantau Kinerja legislatif (PKM) Toni Sularso mengatakan Djoko diduga terlibat kasus korupsi di Kementerian Pertanian yang merugikan negara hingga Rp 2 triliun. - inilah