Hasil Quick Count Pilkada 

Pemkot Surabaya Buka Pendaftaran CPNS

Pemerintak Kota Surabaya Membuka Lowongan CPNS 2014 Sebanyak 116 Pegawai - Pemerintah Kota Surabaya akan mendatangkan 116 calon pegawai negeri sipil 2014 dari pendaftaran umum yang terhitung mulai 29 Agustus 2014.

Rincian lowongan yang ada antara lain 64 tenaga teknis, 35 tenaga pendidikan dan 17 tenaga kesehatan. Dilansir dari laman KemenPAN-RB, Selasa (2/9/14), daftar kebutuhan formasi CPNS 2014 dari Surabaya dapat diakses melalui website www.cpns2014.surabaya.go.id.

Asisten III bidang administrasi umum Kota Surabaya, Hadisiswanto Anwar, menerangkan pelaksanaan penerimaan CPNS tahun 2014 ini mengalami perbedaan bila dibanding tahun-tahun sebelumnya. Meskipun demikian, ia meminta agar masyarakat tak perlu bingung.

Mia Santi Dewi, selaku Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Surabaya, menambahkan, setidaknya ada tiga perbedaan paling dasar yang harus diperhatikan bagi calon pendaftar. Pertama, seluruh pendaftar harus mengakses laman panselnas.menpan.go.id sebagai langkah paling awal pendaftaran. Jadi tidak langsung menuju website instansi yang akan didaftar.

  * Info Lowongan CPNS 2014 : Semua Pendaftaran CPNS di panselnas.menpan.go.id Tidak Semua Instansi Tutup Hari Ini

  * Info CPNS 2014 : Sejak Dibuka 1 September, Pendaftar CPNS 2014 di Banjarbaru Mencapai 1000 Pelamar

  * Info Lowongan CPNS 2014: Pendaftaran Online CPNS Sudah Mencapai 829 Ribu Pelamar

  * Panselnas.menpan.go.id : Berikut Adalah Jadwal Terbaru Pendaftaran CPNS 2014

  * Info CPNS 2014: Daftar Instansi CPNS Kemendikbud dan Situs Pendaftarannya

Pada laman tersebut, pendaftar akan diminta mengisi formulir, yang diantaranya nomor induk kependudukan, nama, alamat email, tempat/tanggal lahir dan instansi yang dituju.

Dalam tahap ini, masyarakat dihimbau agar teliti. Karena pendaftaran hanya dapat dilakukan satu kali saja.

Pendaftar tidak bisa membatalkan atau mengganti pilihan instansi yang sebelumnya telah dipilih. Kemudian, dalam waktu 1×24 jam, notifikasi akan dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan. Notifikasi tersebut berisi username dan password untuk login pada laman masing-masing instansi.

Kedua, saat penyelenggaraan rekrutmen CPNS 2014, pendaftar dapat memilih tiga jabatan dengan kualifikasi pendidikan yang sama dalam satu instansi. Contohnya, formasi A, B dan C di Pemkot Surabaya semuanya sama-sama menuliskan persyaratan S1 Ilmu Ekonomi. Maka, saat mengisi form pendaftaran, pelamar dapat memilih ketiganya.

Perbedaan terakhir yaitu terdapat kuota lima persen untuk satu formasi non-bidang pendidikan dan non-bidang kesehatan yang dapat didaftar oleh sarjana. Penentuan formasi khusus ini tergantung pada kebutuhan pemerintah daerah masing-masing.

“Bagi Pemkot Surabaya, kuota lima persen akan digunakan untuk formasi analis kebijakan,” imbuh Mia.

Mia menjelaskan, pendaftaran melalui online mulai dibuka pada tanggal 29 Agustus sampai 11 September 2014. Sedangkan untuk verifikasi dokumen pada tanggal 1-13 September 2014.

Setelah itu akan dilanjutkan dengan Computer Assisted Tes (CAT) yang mekanismenya hampir sama dengan tahun lalu.
Mia juga menegaskan bahwa semua proses rekrutmen CPNS 2014 tidak dipungut biaya atau gratis. Bila terdapat oknum yang meminta uang untuk memuluskan langkah lolos menjadi CPNS, dapat dipastikan bahwa itu adalah penipuan. Untuk itu, masyarakat dihimbau waspada dan melaporkan hal tersebut kepada pihak yang berwajib. - iberita