Hasil Quick Count Pilkada 

Pengumuman Formasi CPNS 2018 Bulan Januari

Pengumuman Formasi CPNS 2018 Bulan JanuariBulan Januari Ini Formasi CPNS 2018 Akan Diumumkan! Kali ini Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan kembali dibuka pada tahun 2018. Untuk formasi CPNS 2018 sendiri rencananya akan diumumkan pada bulan Januari ini.

Mengenai hal ini sebelumnya juga diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur. Dia mengatakan jika nantinya formasi akan dimulai diumumkan awal tepatnya pada awal tahun 2018. ‘Iya akan kami umumkan diawal tahun, Insya Allah Januari sudah mulai kami umumkan formasinya’ ujarnya saat ditemui di Jakarta pada Kamis, 28 Desember 2017.

Asman menambahkan jika pada tahun ini Apratur Sipil Negara (ASN) yang akan pensiun berjumlah 220 ribu orang. Menurutnya dari jumlah tersebut minimal formasi CPNS 2018 akan dibuka sekitar 110 ribu orang. Hal ini sesuai dengan kesepakatan jika jumlah formasi tak boleh melebihi jumlah pensiun. ‘Ini sudah sesuai dengan kesepakatan minimum 50 persennya. Jadi 110 ribu formasi akan dibuka, tapi itu tergantung denga keuangan’ ujar Asman.

Pengumuman Formasi CPNS 2018 Bulan JanuariAsman juga menyampaikan untuk usulan dari daerah akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan dan pendidikan. Kemudian menurutnya juga akan diperuntukkan pegawai-pegawai yang menunjang pembangunan di daerah masing-masing. ‘Misalnya infrastruktur, jadi ada sarjana teknik, sarjana arsitektur, kemudian bidang pertanian juga’ ujarnya.

Asman juga menjelaskan setelah ditentukan formasinya bulan Januari ini, Kemenpan RB akan menyeleksi kemampuan daerah atas formasi tersebut. Khususnya untuk belanja pegawai dan untuk belanja sendiri tidak boleh melebihi 50 persen. Jika melebihi dari batas yang ditentukan maka Kemenpan RB tak akan memberikannya.

Selain itu menurut Menteri PAN-RB ini dengan sistem penerimaan CPNS 2018 yang profesional tentunya diharapkan akan membawa perubahan yang lebih baik kedepannya. Hal itu karena Asman menginginkan ASN ke depannya tidak kalah dengan pegawai korperasi seperti perusahaan profesional dan perusahaan maju lainnya.

Sementara itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengintruksikan formasi CPNS 2018 tidak boleh melebihi pegawai yang pensiun di tahun yang sama. Dikatakan saat ini usulan dari daerah dan kementerian untuk kebutuhan ASN telah diterima oleh Kemenpan RB. Dengan demikian untuk formasi CPNS 2018 akan bisa diumumkan pada awal tahun ini.