Hasil Quick Count Pilkada 

Hasil Quick Count Pilgub Riau 2013

Pilkada Pilgub RiauPemilihan Kepala Daerah Riau tidak menyertakan lembaga independent untuk melakukan hitung cepat (Quick Count). Proses hitung cepat akhirnya dilakukan tim pemenang masing-masing kandidat. Alhasil, para tim pemenang pun saling klaim pasangan calon gubernur yang diusung.

Posko pemenangan Herman Abdullah - Agus Widayat menyebutkan jumlah suara yang sudah masuk sementara pada pukul 18.00. Pasangan nomor urut 1 ini unggul sementara dengan perolehan 44,08 persen atau 71.462 suara. Disusul pasangan nomor 4 Ahmad - Masrul Kasmy dengan perolehan 21, 61 persen atau 35,06 suara. Lalu diikuti pasangan nomor urut 2 Anas Mammun - Arsjadjuliandi Rahman dengan perolahan 17,27 persen atau 27.990 suara. Diikuti pasangan Jon Erizal - Mambang Mit dengan perolehan 10,07 persen atau 16,330 suara, terakhir pasangan Lukman Edi - Suryadi Husaini 6,96 persen atau 11.288.

Metode hitung cepat yang dilakukan tim pemenang Herman Abdullah menggunakan metode Real Qount dengan mengimput data yang diperoleh dari tim pemenang yang ada diseluruh TPS yang tersebar di Provinsi Riau. Herman Abdullah mengaku perolehan suara yang diperoleh masih sementara. Dia berharap suara hitung cepat yang dilakukan tim pemenangnya sesuai dengan sebenarnya. Menurutnya, jika bertahan diangka 50 persen ini dia pastikan menang dalam Pilkada Riau. "Hasil ini merupakan tanda-tanda baik bagi kita, jika kita menang saya siap memegang amanah masyarakat Riau," ujarnya.

Hasil Quick Count Pilkada Provinsi Riau 2013 :

1. Herman Abdullah-Agus Widayat : 15,0 persen suara
2. Anas Maamun-Arsyadjuliandi Rahman : 23,5 persen suara
3. Lukman Edi-Suryadi Khusaini : 11,7 persen suara
4. Achmad-Masrul Kasmy : 33,6 persen suara
5. Jon Erizal-Mambang Mit : 16,2 persen suara

#Hasil Quick Count Pilkada Provinsi Riau 2013 versi DPW PKS Riau pukul 15:30 WIB

Sementara itu Pasangan Lukman Edy-Suryadi juga mengklaim berpeluang menang Pemilukada Riau tahun 2013. Berdasarkan penghitungan yang dilakukan tim internal LURUS. Pasangan ini unggul 37,99 persen, disusul pasangan Herman-Agus dengan perolehan 18,42 persen, kemudian diikuti pasangan Anas-Andi 18,33 persen serta Achmad-Masrul sebesar 12,99 persen dan JE-MM sebesar 12,54 persen. Kemenangan yang diraih pasangan LURUS ini menurut Sekretaris DPW PKB Riau Ade Agus Hartanto dipantau dari sekitar 354 TPS di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Riau.

Menurut Ade, pihaknya saat ini terus memantau perolehan suara dari semua pasangan, dan berdasarkan laporan yang didapat dari lapangan baik di TPS, dan tim di tingkat desa hampir semuanya menggembirakan. Ade mengakui ada beberapa target yang tidak tercapai untuk perolehan suara, namun untuk desa yang dikunjungi tim atau pasangan Lukman Edy-Suryadi hasilnya cukup menggembirakan. "Kita optimis pasangan LURUS terpilih sebagai Gubernur Riau 2013 ini. Perolehan suara dan hasil penghitungan yang kita lakukan menunjukkan bahwa hasilnya tidak akan jauh berbeda dengan apa yang akan diumumkan oleh KPU nantinya," ujarnya.

Pilkada Riau diikuti lima pasang calon gubernur yakni Herman Abdullah - Agus Widayat yang diusung Partai Hanura dan 11 partai koalisi. Anas Mammun - Arsyadjuliandi Rachman diusung Partai Golkar. Lukman Edy - Suryadi Khusaini diusung PDI-P dan PKB. Achmad - Masrul Kasmy diusung Partai Demokrat dan PBR. Serta Jhon Erizal - Mambang Mit, diusung PAN. - TEMPO -