Hasil Quick Count Pilkada 

Hasil Quick Count Pilgub Maluku Putaran 2

Pilkada Maluku 2013Pilgub Maluku 2013 Putaran II - Pemilukada Maluku Memasuki Putaran Kedua. Dari Total Hasil Rekapitulasi Suara 11 KPU Kabupaten/Kota, Pasangan DAMAI akan bertarung kembali melawan Pasangan SETIA di Putaran ke 2 memperebutkan Kursi kepemimpinan di Provini Maluku sebagai gubernur dan wakil gubernur Maluku untuk periode 2013-2018. Pleno penetapan rekapitulasi dilakukan pada tanggal 1 Juli 2013.

Pasangan Abdullah Vanath-Marten Maspaitella (DAMAI) dan Said Assagaff-Zeth Sahuburua (SETIA) memiliki suara terbanyak nomor satu dan dua hasil rekapitulasi suara di seluruh KPU Kota dan Kabupaten di Maluku yaitu, BETA-TULUS memperoleh suara 162.525, BOB-ARIF: 117.789, DAMAI: 205.564, MANDAT: 188.088 dan yang terakhir SETIA dengan memperoleh suara 198.428. Jika dilihat dari angka total dari lima pasangan calon, maka pasangan DAMAI dan SETIA akan bisa dipastikan masuk pada putaran kedua Pilgub Maluku.

Hasil Quick Count Pilkada Maluku Putaran Kedua : Lihat Klik Disini : Hasil Quick Count Pilkada Maluku Putaran Kedua

Sementara sebelumnya Hasil hitung cepat lembaga survei Media Survei dan Strategi (MSS) Selasa (11/6/2013) menyebutkan bahwa Pilkada di Maluku akan berlangsung dalam dua putaran. Pilkada Maluku yang digelar pada 11 Juni 2013 diikuti lima pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur memperebutkan kursi kepemimpinan di provinsi tersebut masih seimbang dan belum ada yang mencapai 30% lebih peolehann suara.

Dalam rilis tersebut, pasangan nomor urut 1 Abdullah Tuasikal-Hendrik Leweriss (TULUS) memperoleh 21,23 persen suara; pasangan nomor urut 2 Jakobus Putileihalat-Arifin Tapi Oyihoe (BOB-ARIF) 13,94 persen; pasangan nomor urut 3 Abdullah Vanath-Martin Jonas Maspaitella (Damai) 21,86 persen suara; pasangan nomor urut 4 Herman Koedoeboen-Daud Sangadji (Mandat) 19,32 persen suara dan; pasangan nomor urut 5 Said Assagaf - Zeth Sahuburua (Setia) 23,65 persen suara.

Direktur MSS Husein Marasabessy dalam konfrensi pers di salah satu hotel di Ambon Selasa malam mengatakan, metode yang dilakukan dalam hitung cepat tersebut memakai multistage random sampling dengan tingkat margin of error 1 persen. Dalam hitung cepat tersebut, Husein juga menerangkan pihaknya baru merekap 88, 33 persen suara yang masuk dari 300 TPS yang dijadikan sebagai sampel dengan jumlah partisipasi pemilih mencapai 74,70 persen.

Dia menjelaskan, pasangan "Setia" dipastikan telah aman di putaran kedua dan hanya tinggal menunggu salah satu dari 2 pasangan calon yang memiliki suara terbanyak kedua. Menurutnya, pihaknya tidak dapat mengambil kesimpulan siapa yang akan mendukung pasangan "Setia" di putaran kedua karena perbedaan suara yang sangat tipis di antara pasangan "Damai" dan "Tulus".

Sementara itu, Berdasarkan hasil perhitungan cepat yang dilakukan Index Indonesia, Pilkada Maluku diprediksi akan berlangsung dua putaran. Sebab tak ada satupun pasangan calon dari lima pasangan calon yang berhasil meraih 30 persen plus satu dari total suara Daftar Pemilih Tetap (DPT). Koordinator Index Indonesia untuk Wilayah Timur, Andy Akhmar, Selasa 11 Juni 2013, menyatakan dari hasil hitung cepat yang masuk 80 persen. Perhituangan cepat sendiri dibuka sejak pukul 12.00 WIT dan ditutup pada pukul 16.30 WIT.

Sedangkan Konsultan Citra Indonesia (KCI) mengumumkan hasil Quick Count sementara dari jumlah suara yang masuk ke lembaga tersebut berasal dari tingkat Partisipasi Pemilih (Voter’s Turn Out) sebanyak 79, 47 persen dan data yang masuk sementara sebesar 92,86 persen, pada pkl 20.30 WIT. Menurut direktur KCI, Barkah Pattimahu, pada Pilkada calon gubernur dan wakil gubernur Maluku kali ini, kelima pasangan tidak satupun meraih suara diatas 30 persen, sehingga dipastikan Pilkada akan berlangsung dua putaran.

Pilgub Maluku 2013 - Total Hasil Rekapitulasi Suara 11 KPU Kabupaten/Kota, DAMAI vs SETIA Maju Putaran ke Dua