Hasil Quick Count Pilkada 

Pengumuman Hasil Tes CPNS 2015 Melawi

Pengumuman Hasil Tes CPNS 2015 MelawiSatu di antara pelamar CPNS di Melawi, Susilo, mempertanyakan lambannya pengumuman hasil seleksi CPNS dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat. Padahal hasil dari Kemenpan sudah keluar sejak 5 Januari lalu. “Saya ada baca di internet pengumuman dari Kemenpan itu keluar sejak 5 Januari kemarin, kok sampai sekarang di Melawi belum diumumkan, di Bengkayang saja yang lebih lambat sudah diumumkan,” katanya, Jumat (9/1/2015).

Susilo mengungkapkan, dari informasi tersebut, Kabupaten Melawi termasuk satu dari 61 daerah yang belum mengambil hasil tes kompetensi dasar (TKD), yang dikeluarkan oleh Kemenpan. “Kenapa sampai lama begini belum juga diumumkan, masak BKD tidak tahu kalau pengumumannya sudah keluar, kan tidak masuk akal,” kata Susilo dengan nada kecewa.

Sebelumnya Warga Kabupaten Melawi provinsi Kalimantan Barat yang ingin menjadi CPNS bisa berharap tahun ini akan ada penerimaan CPNS. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Melawi, mengajukan 200 formasi dalam penerimaan CPNS tahun 2014 ke pemerintah pusat. Dari 200 formasi yang diajukan tenaga pendidik dan kesehatan mendominasi, sisanya untuk tenaga teknis. “Proses pengajuan sudah sampai ke menpan,” kata kepala BKD Melawi, Syafarudin kepada wartawan Jumat (30/5/2014).

Dia mengungkapkan, tenaga pendidik dan tenaga kesehatan memang menjadi prioritas pemkab Melawi, karena sampai saat ini dua formasi tersebut masih banyak mengalami kekurangan. “Mudah-mudahan saja, 200 formasi yang kita ajukan dapat disetujui semua,” katanya.

Kata Syafarudin, perekrutan CPNS, diperkirakan akan dilaksanakan pada September mendatang. Sistimnya masih sama dengan penerimaan CPNS pada tahun 2013 lalu, yakni semuanya diserahkan kepada pusat, sementara daerah hanya sebagai penyelenggara. “Kalau tahun lalu kitakan kuotanya ada 130 orang, namun yang diterima hanya 103 orang. Karena dianggap tidak memenuhi passing grade. Mudah-mudahan pada tahun ini kuota yang disediakan diisi semua, karena memang kita masih banyak kekurangan pegawai,” katanya.