Hasil Quick Count Pilkada 

Jutaan Pelamar Akses Situs CPNS 2014

KemenPAN-RB Pastikan Server Web Siap Diakses Jutaan Pelamar. Sudah tidak sabar melamar tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014? Sudah pastikan syarat-syaratnya lengkap? Dan sudah cek instansi mana saja yang membuka lowongan CPNS?

Menjelang pembukaan pendaftaran tes CPNS 2014 yang akan dimulai pada 20 Agustus mendatang, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) sudah melakukan berbagai persiapan. Salah satunya yang penting adalah persiapan server yang dapat dipastikan akan diakses jutaan calon pelamar nantinya. KemenPAN-RB mengklaim jika mereka sudah siap secara online untuk menampung satu juta lebih pelamar nantinya.

Persiapan ini dilakukan lantaran melihat tahun sebelumnya, tercatat jumlah pelamar tes CPNS 2013 lalu sebanyak 1,6 juta orang. Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kemen PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, pelamar tes CPNS tahun ini diperkirakan meningkat dibanding tahun lalu.

*Baca juga*

  * Info Lowongan CPNS 2014 : Awal Pendaftaran Tes CPNS Digelar Hari Ini di panselnas.menpan.go.id

  * Info CPNS 2014: Simulasi CAT CPNS 2014 KemenPANRB di iBerita.com

  * Info CPNS 2014 : Pengumuman Hasil Tes CPNS 2014 Bisa Dilihat Di panselnas.menpan.go.id dan bkn.go.id

  * Info Lowongan CPNS 2014 : Perokok Dilarang Melamar CPNS

  * Info CPNS 2014 : Ingat, Pendaftaran CPNS Mulai Besok!

Klaim peningkatan jumlah pendaftar ini disebabkan beberapa alasan. Pertama, pendaftaran dilakukan secara online sehingga mempermudah akses masyarakat. Bandingkan dengan pendaftaran secara manual atau konvensional yang harus antri bahkan berdesak-desakan. Selain itu beberapa syarat yang dihilangkan pun semakin mempermudah masyarakat yang berminat mendaftar.

Selain itu, pertimbangan lain kenaikan jumlah pendaftar CPNS tahun ini adalah kuota CPNS baru cukup banyak. Kemen PAN-RB menetapkan bahwa kuota CPNS baru untuk instansi pusat maupun nasional sebesar 65 ribu orang.
Melihat alasan tadi, Setiawan mengatakan jumlah pendaftar tes CPNS tahun berpotensi meningkat. Kalau pendaftaran tahun lalu mencapai 1,6 juta pelamar, jumlah pendaftar tahun ini bisa menyentuh sekitar 2 juta orang.

Dengan semakin banyaknya jumlah pendaftar, maka potensi kemungkinan gangguan teknis selama pendaftaran online juga semakin besar terjadi. Jika terjadi kepadatan akses ke server panitia saja, dapat membuat website pendaftaran tes CPNS sulit diakses.
Publik patut cemas terhadap kualtias layanan online tadi. Pasalnya selama ini tidak ditemukan kegiatan pendaftaran online yang diakses sekitar dua juta orang dalam waktu tertentu.

Untuk perbandingan, pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) 2014 hanya diakses sekitar 700 ribu orang saja. Itupun panitia SNM PTN meminta pelamar tidak mendaftar online di akhir-akhir masa pendaftaran. Tujuannya untuk mengantisipasi penumpukan traffic atau lalu lintas akses pendaftar.

“Segala antisipasi terkait pendaftaran CPNS yang dilaksanakan secara online sudah kita lakukan,” ujarnya. Setiawan mengatakan, diantaranya adalah kerjasama dengan jajaran Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Setiawan menuturkan potensi gangguan harus bisa ditekan sekecil mungkin, sehingga program pendaftaran tes CPNS secara online ini tetap dijalankan.

Menurutnya pendaftaran CPNS yang dibuka secara online adalah gebrakan dalam rangka reformasi birokrasi. Dengan sistem ini, panitia mencoba mengurangi durasi pertemuan fisik pelamar dengan pihak-pihak yang terlibat dalam tes CPNS. Selain itu pendaftaran juga terpusat ke panitia seleksi nasional (panelnas).

Tidak terpecah-pecah ke instansi daerah seperti selama ini.
Berdasarkan jadwal, pengumuman lowongan CPNS dibuka pada 18-29 Agustus. Kemudian masa pendaftaran tes CPNS dibuka secara online mulai 20 Agustus hingga 3 September. Lalu tes CPNS yang dilaksanakan berbasis CAT (computer assisted test) dilaksanakan mulai 8 September. iberita