Hasil Quick Count Pilkada 

Lomba Karya Kreatif dan Inovatif PT Pertamina

Info Lomba Karya Kreatif dan Inovatif PertaminaPT Pertamina (Persero) menyelenggarakan lomba karya kreatif dan inovatif bagi siswa kelas XII SMA/SMK dan sederajat dengan tema “Energi Muda Masa Depan Bangsa”. Hadiah lomba berupa 15 beasiswa untuk satu tahun kuliah di Univeritas Pertamina. Tiga jenis lomba yang diselenggarakan adalah lomba karya tulis ilmiah populer, lomba desain grafis, dan lomba riset aplikasi digital untuk produk pelumas, distribusi produk LPG Pertamina, serta energi baru dan terbarukan.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, peserta yang mendaftar boleh dari dalam maupun luar negeri, serta memilih salah satu kategori lomba. Karya yang didaftarkan merupakan karya perseorangan yang belum pernah diikutkan dalam lomba serupa. Masa registrasi dan pengiriman karya mulai 4 April sampai 29 Mei 2016. “Informasi lengkap mengenai subtema lomba, syarat, dan ketentuan dapat dilihat di website pertamina.com atau universitaspertamina.ac.id,” ujar Wianda dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com di Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Menurut Wianda, penyelenggaraan lomba ini merupakan perwujudan komitmen Pertamina sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata pada masyarakat, bangsa, negara, dan peradaban melalui penyelenggaraan kegiatan pendidikan tinggi. Universitas Pertamina yang dalam pengelolaannya berada di bawah Pertamina Foundation diharapkan dapat menjadi sumbangsih Pertamina untuk pembangunan SDM nasional. “Pendirian Universitas Pertamina adalah langkah awal bagi perusahaan untuk membangun insan muda berenergi yang kompeten dan dapat bersaing secara global,” kata Wianda.

Rektor Universitas Pertamina Akhmaloka mengatakan, kuota beasiswa di Universitas Pertamina mencapai 20% dari jumlah mahasiswa baru. Universitas Pertamina juga menyiapkan salah satu mekanisme untuk mendapatkan beasiswa melalui jalur prestasi, yakni dengan mengikuti lomba kreativitas yang terdiri atas karya tulis dan membuat animasi atau inovasi aplikasi digital. “Pemenangnya akan mendapatkan hadiah pembebasan biaya kuliah dan dikategorikan sebagai beasiswa prestasi,” kata Akhmaloka.

Akhmaloka mengatakan Universitas Pertamina siap bersaing dengan perguruan tinggi lain di Tanah Air. Kapasitas dan pengalaman Pertamina sebagai perusahaan energi terbesar di Indonesia menjadi keunggulan tersendiri bagi setiap program studi yang diselenggarakan Universitas Pertamina.

Mahasiswa, lanjut Akhmaloka, tidak hanya akan mendapatkan pondasi akademik yang kuat, tetapi juga mendapatkan ilmu dari tenaga-tenaga pengajar yang berpengalaman pada kegiatan pengelolaan energi. Mahasiswa juga akan mendapatkan contoh konkret dari aktivitas kegiatan Pertamina di seluruh sektor. “Dengan didukung berbagai fasilitas Pertamina, staf pengajar bisa melakukan riset dan praktik lapangan secara langsung. Keunggulan inilah yang ditawarkan kepada calon mahasiswa Universitas Pertamina,” katanya.

Universitas Pertamina menyediakan 15 program studi dan enam fakultas bagi mahasiswa baru program sarjana. Ke 15 program studi tersebut antara lain program studi terkait keteknikan dan program sosial seperti ekonomi, manajemen, komunikasi, dan hubungan internasional. Universitas Pertamina menempati lahan seluas 6,5 hektare di kawasan Simprug, Jakarta Selatan dan diresmikan pada 11 Februari 2016. Universitas Pertamina akan menerima mahasiswa baru tahun ajaran 2006/2017 pada Juli mendatang. Pendaftaran mahasiswa baru dimulai April ini.