Hasil Quick Count Pilkada 

Penerimaan CPNS Kemenkumham 2017 SMA

Info Pembukaan dan Penerimaan CPNS Kemenkumham 2017Pemerintah membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017 yang menyediakan peluang bagi belasan ribu lulusan SMA atau sederajat. Pada 2017, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) membuka lowongan bagi lulusan SMA atau sederajat untuk mengisi pos jabatan sebagai penjaga Lapas (Lembaga Pemasyarakatan). Kuota lowongan CPNS bagi lulusan SMA ini lumayan banyak, yakni 14.000 kursi. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur mengumumkan formasi CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) meliputi 21 pos jabatan. Jenis jabatannya macam-macam, seperti Penjaga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan analis Keimigrasian.

“Kuota untuk penjaga Lapas mencapai 14 ribu, dengan kualifikasi lulusan SMA sederajat yang menguasai komputer,” kata Asman di kantor Kementerian PANRB, Jakarta, pada Selasa (11/7/2017) seperti dilansir laman Sekretariat Kabinet (Setkab). Asman menuturkan, pada 2017, kuota lowongan CPNS di Kemenkumham totalnya mencapai 17.962 kursi. Peluang terbanyak ialah 14.000 lowongan untuk jabatan penjaga Lapas atau sipir dan 2.278 lowongan untuk analis keimigrasian. Untuk analis keimigrasian ini, dibutuhkan sarjana S1 dari berbagai jurusan, antara lain Hukum, Sosial Politik, Ekonomi, Akuntansi, Komunikasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Bahasa Asing.

Asman menegaskan, pelaksanaan seleksi CPNS ini dilakukan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut biaya, sehingga tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun. Setelah selesai ujian, perserta juga akan langsung mengetahui nilainya. “Jadi jangan percaya kalau ada pihak-pihak yang menawarkan jasa bisa meluluskan seseorang dengan imbalan sejumlah uang. Jangan mau menjadi korban percaloan,” kata Asman. Informasi mengenai rekrutmen CPNS ini dapat dilihat di situs:

a. Kementerian PANRB: www.menpan.go.id
b. BKN: https://sscn.bkn.go.id
c. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia: http://cpns.kemenkumham2017.go.id

Pendaftaran dilakukan secara online dan terintegrasi secara online melalui https://sscn.bkn.go.id pada tanggal 1 – 31 Agustus. Satu orang pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu jabatan di satu instansi. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Selain SKD, juga dilakukan Seleksi kompetensi bidang (SKB).

Untuk Penerimaan CPNS Kemenkumham 2017 Sarjana/S-1 dan D-III - selengkapnya lihat disini : Penerimaan CPNS Kemenkumham 2017 Sarjana/S-1 dan D-III