Hasil Quick Count Pilkada 

160 Formasi Lowongan CPNS 2017 Kemenaker

160 Formasi Lowongan CPNS 2017 KemenakerKementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2017. Berdasarkan pengumuman Sekretariat Jenderal Kemenaker dengan Nomor: Peng.1727/SJ/VIII/2017, ada 160 formasi yang dialokasikan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) baru.

“Kebijakan penerimaan CPNS ini untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada jabatan-jabatan strategis di Kemenaker,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Hery Sudarmanto, Kamis, 7 September 2017.

Dengan dibukanya CPNS 2017 di lingkungan Kemenaker ini, Hery berharap mampu meningkatkan kinerja Kemenaker sehingga pembangunan ketenagakerjaan dapat berjalan lebih optimal.

“Mari bekerja dengan terobosan, dengan efektivitas dan efisiensi, dengan capaian yang lebih nyata bagi rakyat,” ujarnya.

Baca: Lowongan CPNS, Peserta Periode I yang Tak Lolos Bisa Daftar Lagi?

Adapun unit kerja Kemenaker yang mendapat alokasi formasi CPNS 2017 adalah:
1. Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Ditjen Binalattas) untuk ditempatkan pada UPTP BBPLK, BLK di Bekasi, Medan, Bandung, Serang, Semarang, Sorong, Sidoarjo, Banyuwangi, Bantaeng dan Lombok Timur
2. Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Ditjen Binapenta dan PKK)
3. Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Ditjen PHI dan Hamsostek)
4. Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Ditjen Binwasnaker dan K3) dan UPTP Balai Besar Pengembangan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Makassar, Medan, Bandung, Jakarta, dan Samarinda.

Kriteria calon pelamar dibagi ke dalam 4 kriteria:
Pertama, pelamar yang menyandang predikat kelulusan terbaik (cum laude) sebanyak 16 formasi.
Kedua, pelamar penyandang disabilitas (berkebutuhan khusus) sebanyak 3 formasi.
Ketiga, pelamar dengan kriteria menamatkan pendidikan dasar, menengah pertama, dan menengah atas di Papua dan Papua Barat sebanayak 3 formasi.
Keempat, kategori umum sebanyak 138 formasi.

Tahapan seleksi untuk CPNS di lingkungan Kemenaker tahun 2017 terdiri dari 3 tahapan. Pertama, seleksi administrasi. Kedua, seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 40 persen, dan ketiga, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menggunakan CAT berbotot 60 persen.

Jangka waktu pengumuman penerimaan CPNS di lingkungan Kemenaker dimulai sejak tanggal 5-19 September 2017, sedangkan batas waktu pendaftaran dan unggah dokumen dimulai tanggal 11-25 September 2017 (pukul 23:59 WIB). Peserta yang lolos seleksi kartu peserta ujian secara online mulai tanggal 2-6 Oktober 2017. Pendaftaran online peserta CPNS Kemenaker Tahun 2017 melalui laman https://scsn.bkn.go.id atau http://cpns.kemnaker.go.id