Hasil Quick Count Pilkada 

Dibuka 1000 Lowongan CPNS Kemenag 2017

Dibuka 1000 Lowongan CPNS Kemenag 2017Kementerian Agama Republik Indonesia membuka lowongan 1.000 calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk formasi dosen di perguruan tinggi Islam di Tanah Air tahun 2017. Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nur Syam, meminta masyarakat atau calon pelamar termasuk orang tua pelamar tes penerimaan CPNS 2017 ini tidak mempercayai apabila ada orang atau pihak-pihak tertentu (calo) yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau imbalan lainnya. Nur Syam menjelaskan, alokasi 1.000 CPNS bagi dosen merupakan perjuangan tersendiri setelah sebelumnya hanya mendapatkan jatah dari pemerintah 500 formasi.

Tapi, dengan argumentasi yang kuat, akhirnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi, Kemenag mendapatkan jatah tambahan 500, sehingga total alokasi CPNS bagi dosen mencapai 1.000 orang. "Semula di tahap awal hanya 500, dan khusus untuk CPNS dosen-dosen agama. Setelah perjuangan tersendiri, kita diberikan tambahan 500 untuk CPNS dosen-dosen ilmu umum di PTKN kita," ujar Nur Syam di Jakarta.

Lalu, mengapa hanya untuk CPNS dosen? Menurutnya, pemerintah ingin memperoleh akses pemerataan pendidikan di bidang pendidikan tinggi. Oleh karenanya, pemerintah mempertimbangkan ini, sehingga lowongan CPNS tahun ini dikhususkan bagi dosen. "Kita berharap tahun depan ada lowongan CPNS lagi, dan akan kita buka fungsi Keagamaan. Karena sesungguhnya kita butuh banyak penyuluh-penyuluh agama dari semua agama dan kita mengusulkan sesuai kebutuhan," ujarnya.

Saat ini, di Kemenag sedang terjadi proses transformasi dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) ke Institut Agama Islam (IAIN), dan dari IAIN ke Universitas Islam Negeri (UIN). "Tentu membutuhkan dosen-dosen yang memiliki basis ilmu-ilmu non keislaman, baik terkait ilmu sosial humaniora, sains, dan teknologi, serta ilmu kedokteran,” tuturnya

Nur Syam menambahkan, berdasarkan Permenpan Nomor 20 Tahun 2017, formasi CPNS dosen Kementerian Agama dialokasikan untuk putra putri terbaik dengan lulusan nilai cumlaude sebanyak 123 formasi, kedua, penyandang disabilitas 1 orang, ketiga, untuk formasi putra dan putri Papua 1 orang dan formasi umum sebanyak 875 formasi.

"Alokasi tambahan dosen terdistribusi ke 71 Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) pada Kementerian Agama," ujarnya. Pengumunan seleksi CPNS dibuka serentak pada tanggal 5 September 2017, kemudian pendaftaran peserta dimulai pada tanggal 11 September 2017. Penutupan tanggal 25 September 2017.