Hasil Quick Count Pilkada 

Hasil Pilpres di Jawa dan Jogjakarta

Prabowo Kuasai Jawa, Kecuali di Yogyakarta (Survei LSN) - Hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN) mengklaim pasangan Prabowo-Hatta unggul hampir di semua provinsi di Pulau Jawa. Di Jawa, Prabowo Unggul 55,5%, Jokowi-JK 44,5% (Survei LSN)

Direktur Eksekutif LSN Umar S. Bakry mengatakan Pulau Jawa sebagai battleground yang menyediakan hampir 60% total suara nasional. 

"Pasangan Prabowo-Hatta diprediksi akan memenangi Pilpres 2014 dengan suara moderat 55%," ujarnya dalam rilis yang diterima, Senin (7/7/2014). 

Survei tersebut, katanya, dilaksanakan pada 1-5 Juli 2014 di 6 Provinsi Pulau Jawa dengan responden yang memiliki hak pilih dan tercantum dalam DPT. Jumlah sampel sebanyak 880 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara rambang berjenjang alias multistage random sampling. 

Sementara simpangan kesalahan atau margin error sebesar 3,3% dengan tingkat kepercayaan 95%. Adapun, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dengan responden menggunakan telepon. 

"Survei ini dilengkapi dengan analisi media dan indepth interview dengan sejumlah narasumber," paparnya. 

Dia mengatakan, alasan LSN memilih Pulau Jawa sebagai objek survei lantaran Pulau Jawa disebut sebagai daerah yang cukup berpengaruh bagi perolehan suara nasional. 

Pihaknya mengklaim, Prabowo-Hatta mendominasi di lima provinsi Pulau Jawa antara lain Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan DKI Jakarta.

Bahkan, katanya, di Banten, Jawa Barat dan DKI Jakarta, Prabowo-Hatta unggul telak atas Jokowi-JK. "Namun, di Yogyakarta, Jokowi-JK unggul signifikan dari Prabowo-Hatta," paparnya.