Hasil Quick Count Pilkada 

Kabar Terbaru Hilangnya Pesawat Air Asia

Kabar Terakhir Ditemukannya Pesawat AirAsia QZ 8501AirAsia Akan Terus Informasikan Kabar Terkini Pesawat Hilang. Kabar hilang kontak pesawat Air Asia Q8501 langsung ditanggapi pihak maskapai asal Malaysia tersebut. Lewat rilis yang dikirimkan pada VIVA.co id, AirAsia Indonesia dengan menyesal mengonfirmasi bahwa pesawat dengan penerbangan dari Surabaya menuju Singapura hilang kontak dengan air traffic control pada pukul 07.24 waktu Singapura pagi ini.

"Saat ini kami sedang melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mengetahui kondisi terkini mengenai status penumpang dan crew member dari pesawat tersebut, dan kami akan memberikan informasi terkini jika sudah mendapatkan informasi lebih lanjut," ujar Communications Air Asia, Malinda Yasmin. Dijelaskan olehnya, pesawat tersebut merupakan jenis Airbuss A320-200 dengan nomor registrasi PK-AXC. "Saat ini, tim SAR (search and rescue) sudah beroperasi dan AirAsia telah berkooperasi dengan pihak-pihak terkait." "Bagi para keluarga dan kerabat dapat menghubungi nomer call Emergency Call Centre AirAsia di +622129270811," terang Malinda.

Beberapa keluarga dan kerabat penumpang Airasia QZ8501 yang kehilangan kontak mendapatkan broadcast yang menyebutkan semua penumpang sebanyak 155 selamat. Broadcast itu beredar di Blackberry Massengger sejak pukul 14.00 Wib. Isi broadcast itu: "Beneran, temenku yang buka travel itu dapat kabar dari penumpangnya langsung. Semuanya selamat". Intan, seorang keluarga korban, mengaku mendapatkan boradcast dari temannya dan temannya itu mendapatkan kabar dari temannya juga. Sehingga Intan tidak percaya dengan isi BC itu. "Karena belum ada pengumuman langsung dari Menhub atau dari posko krisis center," kata dia saat ditemui di posko Terminal 2 Bandara International Juanda, Ahad, 28 Desember 2014.

Untuk menanyakan kepastian AirAsia yang hilang sejak pagi tadi, Intan juga sempat menelepon temannya yang memberikan broadcast, namun karena temannya itu mendapatkan dari temannya lagi akhirnya teman yang memperoleh informasi pertama itu tidak bisa ditelepon. "Sudah saya telepon juga temannya teman saya itu, tapi enggak ada," kata dia. Menurut Intan, ia juga mendapatkan kabar bahwa pesawat AirAsia QZ8501 itu mendarat darurat di Belitung Timur dan semua penumpangnya selamat. Ia berharap informasi semua penumpangnya selama, benar terjadi. Sehingga sepupunya yang menumpang pesawat juga selamat.

Namun begitu, selama belum ada penjelasan langsung dari posko maupun dari pihak kementerian, ia beserta keluarganya akan terus menunggu di posko hingga ada kejelasan. "Saya akan coba sabar di sini menunggu," kata Intan. Anggota TNI terus mempersiapkan posko berupa tenda-tenda di depan posko pusat krisis di Terminal 2 Bandara International Juanda. Setidaknya ada sekitar 6 tenda yang didirikan di depan posko dan sejumlah kursi di dalamnya.

Berikut pernyataan resmi AirAsia : AirAsia Indonesia mengonfirmasikan bahwa penerbangan QZ8501 dari Surabaya ke Singapura telah hilang kontak dengan kontrol lalu lintas udara pada pukul 07.24 pagi ini. Pada saat ini kami belum memiliki informasi lebih lanjut mengenai status para penumpang dan kru, namun kami memastikan semua pihak informasi akan memperoleh informasi, jika ada informasi lebih lanjut yang kami dapatkan. Pesawat tersebut berjenis Airbus A320-200 dengan nomor registrasi PK-AXC.

Pada saat ini, operasi pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung dan AirAsia bekerja sama penuh dan membantu upaya pertolongan. AirAsia telah membentuk Emergency Call Center yang tersedia untuk keluarga atau teman-teman mereka yang berada di dalam pesawat itu. Nomor yang bisa dihubungi adalah +622129850801. AirAsia akan merilis informasi lebih lanjut. Informasi terbaru juga akan diposting di laman web AirAsia.

#Lihat pula : Titik Terang Keberadaan Pesawat Air Asia