Hasil Quick Count Pilkada 

Hasil Pilkada Kolaka 20 Oktober 2013

Pilkada Kabupaten Kolaka dipastikan akan digelar 20 Oktober tahun ini. Seluruh proses yang terdiri dari tiga tahapan utama dimulai pada April atau Mei 2013. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka tengah mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan pentahapan, termasuk mencermati status Kolaka bagian timur yang telah resmi dimekarkan beberapa waktu lalu.

KPU Kolaka menyatakan bahwa tiga tahapan utama yakni persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian harus tuntas pada Desember 2013. Tahapan tersebut, termasuk di dalamnya putaran kedua, jika itu terjadi. Kabupaten Kolaka memang sudah harus menuntaskan pelaksanaan pilkadanya sebelum menyeberang tahun 2013. Jika tidak, maka berpotensi terjadi penundaan hingga 2015.

Hasil Pilkada Kolaka 20 Oktober 2013 :

1. Ahmad Safei-Muhammad Jayadin (SMS Berjaya) : 42,43 persen suara
2. Najmuddin Haruna-Rusman (Beriman) : 8,89 persen suara
3. Farhat Abbas-Sabaruddin Labamba (Farhat Sabar) : 3,53 persen suara
4. Harun Rahim Rustam Pettanyalla (Harus) : 11,35 persen suara
5. Amir Sahaka-Parmin Dasir (Aspirasi) : 33,80 persen suara

Hasil Pilkada Kolaka 20 Oktober 2013 dari KCI - Konsultan Citra Indonesia, sample 250 TPS dari 814 TPS dengan margin error 1%.

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Tenggara optimistis akan memenangkan satu putaran pemilihan bupati-wakil bupati Kolaka yang akan berlangsung 20 Oktober 2013. "Hasil survei internal partai beberapa hari ini, pasangan Amir Sahaka-Parmin Dasir (Aspirasi) yang diusung PAN dengan beberapa partai koalisi lainnya, kita masih teratas," kata Sekjen DPW PAN Sultra, H Abdurahman Saleh di Kendari, Kamis.

Dewan Pimpinan Wilayah Partai Bulan Bintang Sulawesi Tenggara optimistis calon bupati-wakil bupati Ahmad Sjafei-Mohammad Jayadi yang diusung partai itu bisa memenangi pemilihan kepala daerah Kolaka. "Kami sangat optimistis pasangan Ahmad Sjafei-Mohammad Jayadi yang kami usung bersama sejumlah partai lain bisa memenangkan pilkada karena pasangan tersebut sudah sangat dikenal masyarakat Kolaka," kata Ketua DPW PBB Ahmad Al-Djufri di Kendari, Rabu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka akan menyelenggarakan pemungutan suara Pilkada Kolaka pada 20 Oktober 2013 yang diikuti lima pasangan calon bupati-wakil bupati. Pilkada Kolaka yang hingga saat ini sudah memasuki minggu tenang setelah pada hari (Rabu 20/10) dilakukan debat kandidat diikuti lima pasangan calon bupati dan calon wakil bupati. Kelima pasangan calon bupati-wakil bupati tersebut yakni Ahmad Safei-Muhammad Jayadin, Najmuddin-Rusman, Farhat Abbas-Sabaruddin Labamba, Harun Rahim-Rustam Pettanyalla, dan Amir Sahaka-Parmin Dasir.