Hasil Quick Count Pilkada 

Hasil Pemilukada Tapanuli Utara Putaran Kedua

Hasil Pemilukada Tapanuli Utara Putaran Kedua - Pasangan calon bupati dan wakil Bupati yang bersaing dalam pelaksanaan Pilkada Putaran Kedua 11 Desember 2013 akhirnya ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput). Penetapan pasangan ini dilaksanakan melalui rapat pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara.

KPUD Taput menetapkan dua dari tujuh pasangan calon yang secara resmi mengikuti pemilihan bupati dan wakil bupati periode 2014-2019 untuk maju ke Putaran Kedua. Dua pasang Calon yang akan memperebutkan Kursi Nomor 1 di Tapanuli Utara, yaitu Pasangan Nikson Nababan dan Saur Lumbantobing beserta para wakil-wakilnya.

Hasil Quick Count Pilkada Taput Putaran Kedua :

Pasangan Saur Lumbantobing - Manerep Manalu : memperoleh ... persen suara
Pasangan Nikson Nababan - Mauliate Simorangkir : memperoleh ... persen suara

#Hasil Pilkada Taput 2013 - Penghitungan Suara Pilkada Tapanuli Utara 2013 Putaran Kedua sementara masih menunggu update pada waktunya

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Sumatera Utara, Lamtagon Manalu menyatakan, pelaksanaan putaran kedua pemilihan kepala daerah (Pilkada) di wilayah tersebut dijadwalkan Selasa 11
Desember 2013. "Pilkada Taput putaran kedua dilaksanakan, karena berdasarkan rekapitulasi perhitungan suara yang masuk tidak satu pun dari delapan pasangan Calon Bupati (Cabup) Taput memperoleh suara melebihi 30 persen," ujar Lamtagon di Tarutung, Rabu.

Ketentuan tersebut, kata dia, sesuai pasal 107 ayat 1 UU 12 tahun 2008 tentang Pilkada yang dilakukan dua putaran, jika jumlah suara yang diperoleh masing-masing pasangan calon tidak mencapai 30 persen. Pada putaran kedua itu, lanjutnya, pasangan yang berhak ikut yakni pasangan yang memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua.

Menurut dia, perolehan suara terbesar diraih pasangan nomor urut 4 Saur Lumbantobing-Manerep Manalu, dengan jumlah suara sebanyak 39.484 atau 27, 66 persen. Selanjutnya, pasangan nomor 5 Nikson Nababan-Mauliate Simorangkir berada di posisi kedua dengan perolehan suara mencapai 35.654 atau 24,98 persen.

Urutan ketiga, disusul pasangan nomor 3 Bangkit Silaban-David Hutabarat memperoleh sebanyak 32.168 suara atau 22,53 persen. Urutan keempat dan kelima masing-masing pasangan nomor 6 Banjir Simanjuntak-Maruhum Situmeang dengan perolehan suara 14.820 atau 10,38 persen serta pasangan no 1 Sanggam Hutagalung-Sahat Sinaga memperoleh 7.147 suara atau 5,01 persen.

Pasangan no 2 Ratna Ester Lumbantobing-Refer Harianja berada di urutan keenam dengan perolehan 6.629 suara atau 4,64 persen serta pasangan nomor 8 Pinondang Simanjuntak-Ampuan Situmeang dengan 5.977 suara atau 4.19 persen di urutan ketujuh. Sedang urutan terakhir, yakni pasangan nomor 7 Margan Sibarani-Sutan Maruli Tua Nababan memperolehan 871 suara atau 0,61 persen.

Lamtagon menjelaskan, angka partisipasi pemilih dalam Pilkada Taput yang digelar pada Kamis (10/10), mencapai 72.03 persen. Pada pemilihan Gubernur Sumatera Utara Kamis 7 Maret 2013 lalu, kata dia, tingkat partisipasi masyarakat tercatat hanya hanya berkisar 57 persen, sebab hanya 104.873 yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 205.746 pemilih sesuai salinan DPT.

"Apresiasi tinggi pantas diberikan atas kesadaran berpolitik masyarakat Taput, karena mereka menunjukkan tingkat partisipasi yang cukup tinggi, jika dibandingkan pemilihan Gubernur Sumatera Utara yang lalu," ujar Lamtagon. - Hasil Quick Count Pilkada Tapanuli Utara Putaran Kedua -